BUPATI PADANG PARIAMAN TINJAU PELAKSANAAN UN

bupPasar Usang. Pariamannews online.–Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di wilayah Kabupaten Padang Pariaman pada hari pertama, Senin (15/4) berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Hal ini terlihat dari pemantauan lansung media di beberapa lokasi dan informasi dari Kepala Dinas Pendidikan, Mulyadi.

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, pada hari pertama Ujian Nasional tersebut turun langsung memantau pelaksaan UN bersama Dandim 0308 Pariaman, Letkol.TNI. Nur Syamsudin di SMAN 1 Batang Anai, SMAN 1 Lubuk Alung dan MAN Lubuk Alung. Tampak bersama rombongan Bupati memantau pelaksanaan UN, Anggota DPRD Syafnil Ucok, Kadis Pendidikan Mulyadi, Ketua Dewan Pendidikan Zamri Ain, Kakan Kemenag, Kabag Humas, Camat dan Muspika Batang Anai dan Lubuk Alung.

Bupati bersama rombongan sempat bertemu dengan Ketua Pengawas Independen, Prof. Dr. Agus Irianto dari UNP Padang dan pemantau dari Kemendiknas RI, Bambang di ruang Majelis Guru SMAN 1 Batang Anai.

Pada saat pemantauan, Bupati mengingatkan pada Kepala Sekolah dan Panitia UN agar melaksanakan Ujian dengan baik dan jujur sertamempedomani aturan yang ada. Walaupun kita selalu berharap dan ingin
semua siswa-siswi kita semuanya lulus UN, akan tetapi tentu tidak perlu dengan melakukan kecurangan dalam pelaksanaan UN tersebut, tegas Bupati.

Kepada pihak sekolah, Bupati menegaskan agar mendiskusikan dengan Tim Pengawas terhadap beberapa persoalan yang mungkin terjadi, agar pelaksanaan UN dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Sementara itu, sebelumnya Kadis Pendidikan, Mulyadi, menyatakan bahwa peserta UN di Kabupaten Padang Pariaman sebanyak. Orang yang terdiri dari peserta SMA/MA sebanyak 3.710 dan dari SMK sebanyak 751 siswa.

Dari informasi yang diterimanya, Kadisdik menyatakan, bahwa pelaksanaan UN di Padang Pariaman pada hari pertama ini berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh sekolah dapat melaksanakan UN sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang ada serta tidak ditemui permasalahan yang berarti. Hanya ada keterlambatan pembagian soal di SMAN 1 Lubuk Alung. Menurut Kadisdik, terdapat kekurangan soal untuk SMA tersebut sebanyak 1 lokal. Sehingga pada lokal tersebut, terlambat memulai selama 30 menit.

Sedangkan persoalan lain yang dikwatirkan akan jadi masalah yaitu ujian Bahasa Inggeris besok yang menggunakan kaset sebagai penyampai soal listening. Namun demikian Kadis berharap agar semua dapat berjalan dengan lancar, baik dalam hal sarana alat komunikasi maupun penyampaian soal bacaan dengan cara mendengar.

Peserta UN di SMA Batang Anai tercatat sebanyak 338 siswa dan SMA Lubuk Alung 270 siswa. Sedangkan pemantauan yang dilakukan di MAN Lubuk Alung, tidak terdapat masalah. Ujian dapat berjalan dengan baik
dan lancar. Peserta UN di MAN Lubuk Alung sebanyak 175 orang yang berasal dari MAN Lubuk Alung sendiri sebanyak 155 siswa dan 20 siswa dari MAS Padang Alai.

Dari 175 peserta tersebut, ternyata terdapat 2 orang yang tidak ikut UN yaitu an. Lola Andini karena sakit kronis dan dibawa berobat ke Singapura serta an. Winda Susanti karena menikah.(Atun/Rel)