Rakerda Program KB dan Kesehatan

Bupati sedang memberi sambutanLubuk Alung, Pariamannews online.Bupati Padang Pariaman Buka Rakerda dalam rangka meningkatkan pelaksanaan program KB, jajaran yang terkait dengan Program KB dan Kesehatan di Padang Pariaman pada hari Senin (29/4) di Aula Akbid Sumbar, Lubuk Alung.

Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni dalam sambutannya mengatakan bahwa pertumbuhan penduduk Padang Pariaman termasuk salah satu yang tertinggi di Sumbar.

“Jika pertumbuhan penduduk di Padang Pariaman terus bertambah dengan laju yang tinggi, maka sangat berat kemampuan ekonomi daerah kita untuk mendukungnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, “Apapun program yg dilaksanakan harus dilakukan dengan kebersamaan, dengan demikian perlunya sinergisitas stakeholder dalam pelaksanaan setiap kegiatan, termasuk program KB ini.”

Bupati, memberikan apresiasi pada seluruh jajaran pelaksana program KB di Padang Pariaman, sehingga mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana KB pada tahun 2012. Penghargaan ini perlu dipertahankan dan dibuktilan dengan peningkatan program KB dari tahun ke tahun.

Disamping itu, Bupati juga mengingatkan kepada jajaran kesehatan bahwa Padang Pariaman sudah termasuk kategori mencemaskan dalam perkembvangan wabah HIV Aids.

“Pada saat ini, dari jumlah kasus, Padang Pariaman termasuk 3 besar di Propinsi Sumatera Barat. Untuk itu, kepada jajaran kesehatan agar dapat meningkatkan sosialisasi bahaya HIV Aids ini pada masyarakat,” pesan Bupati.

Kemudian, pesannya lagi, kepada Satpol PP, Bupati juga telah memerintahkan peningkatan razia pencegahan perkembangan maksiat,”

Sementara Sekretaris BKKBN Prop Sumbar, H. Rahmi R Waty, SE, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kepala Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang telah dapat memfasilitasi dan melaksanakan Rapat Kerja Program KB Kes.

“Kegiatan ini sangat penting, karena pada saat ini masih ada 3 isu strategis MDG’s yang perlu dipercepat pencapaiannya yaitu penurunan angka kematian ibu melahirkan, tingginya prevalensi HIV dan AIDS dan perluasan akses air minum dan bersih di kota dan di desa,” katanya menjelaskan.

Sehingga, harap Rahmi, pelaksanaan Rakerda ini dapat menkankan kepada peningkatan komitmen bersama para stakeholder dan mitra kerja untuk mencapai sasaran RPJMN tahun 2010-2014 dan RPJMD Sumbar 2011-2015 dalam upaya pencapaian MDG’s 2015.

Rakerda ini dihadiri oleh Sekretaris BKKBN Propinsi Sumatera Barat, Kepala BPMPKB Padang Pariaman Rasyid, SE, Kadis Kesehatan Dr.Zunirman, Kabag Humas Zahirman, serta Pengurus MUI dan LKAAM Padang Pariaman.

Rakerda diikuti oleh 75 orang peserta yang terdiri dari Camat, Kepala Puskesmas, UPT KB Kecamatan, MUI, LKAAM dan Bundo Kanduang (Atun/Rel)