Pelatihan Gebyar Mendongeng oleh Kak Imung

kak imung sedang mendongengPariaman, Pariamannewsonline.- Walikota Pariaman buka Gebyar Mendongeng oleh Kak Imung di Aula Balairung Rumah dinas Walikota Pariaman Rabu (1/5).

Walikota Mukhlis R. dalam sambutannya sangat memberikan apresiasi akan kegiatan gebyar Mendongeng ini.

” Guru Paud merupakan motor utama dalam pembentuk karakter anak usia dini untuk itu guru paud harus punya wawasan yang lebih dari guru -guru yang lain” ujar Wako

Menurut wako, anak usia 1 sampai dengan 6 tahun merupakan masa ke emasan dalam pembentukan jatidiri sang anak.

“anak usia 1 sampai 6 tahun merupakan anak yang masih murni dari permasalahan lingkungan untuk itu orang tua dan gurunya lah yang melukiskan apa dan kemana arah sang anak kedepannya, disinilah peran guru menanamkan etika kemanusiaan dan akkhidah spiritual” ujar Wako lagi

Kanderi Kadis Pendidikan Kota Pariaman menjelaskan bahwa kegiatan Gebyar Mendongeng ini merupakan kegiatan pembinaan Guru PAUD dalam menyusun strategi mengasuh anak didiknya.

” Pada dasarnya pendidikan di PAUD bukanlah pendidikan Formal karena anak Usia 1 hingga 6 tahun belum lagi diwajibkan bersekolah layaknya anak SD.” Ujar Kanderi.

Anak seusia tersebut merupakan masa-masa bermain saja untuk itu para guru hendaknya menyiasati bagaimana si anak betah dan mau mendengarkan apa yang dianjurkan guru tentu dengan cara bercerita bermain dan bernyanyi.

Kanderi juga memberikan arahan pada para guru agar pada kegiatan ini benar benar mengambil intisari dari yang di contohkan Kak Imung sang pelaku pendongeng yang jam terbangnya telah menasional.

sementara Mulyadi Yulianto alias Kak Imung mengatakan materi yang disampaikan berupa pemotivasian pada para guru PAUD agar menyadari apa yang mereka lakukan merupakan tugas mulia dan mengajarkan mereka memanfaatkan barang yang ada disekitar sebagai alat APE sekaligus membimbing para guru PAUD tersebut untuk cerdas memilih tema cerita yang akan disuguhkan pada anak didik. (Zaituni)