Kai Sauer Dubes Finlandia Terpesona Lihat Keindahan Alam Kota Padang

Kai SauskiPariaman news online,–Kai Sauer Dubes dari negara yang beribu kota Helsinki Finlandia menceritakan ketertarikannya pada keindahan alam Minangkabau terutama Kota Padang kepada Mahyeldi setelah mendengarkan cerita dan ajakan sahabatnya seorang jurnalis yang bernama Desi Anwar yang merupakan orang asli Minangkabau untuk mengunjungi Kota Padang dan daerah lainnya di Sumbar.JUmat malam lalu (26/4)

“Saya ingin membuktikan cerita sahabat saya itu, setelah saya datang kesini untuk melihat lebih dekat, ternyata alam Minangkabau itu lebih indah dan lebih mengagumkan dari cerita yang saya dengar,” Kata Kai Sauer.

Dubes dari negeri kelahiran Angry Bird ini juga bercerita kepada Mahyeldi tentang negaranya yang bebas dari biaya pendidikan hingga tingkat universitas, dan negaranya memiliki udara terbersih di dunia. Serta negara Eropa Utara ini juga bergelut dibidang perdagangan dunia.

“Negara kami tidak mengenal yang namanya scholarship (beasiswa), karena semua biaya pendidikan telah gratis, dan warga negara lain yang bersekolah di Finlandia hanya mengeluarkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari saja, seperti biaya tempat tinggal, biaya transportasi, dan biaya kebutuhan lainnya,” Ujar Kai Sauer.

Mahyeldi mengatakan ingin sekali membangun kerjasama dengan negara Finlandia terutama di bidang pendidikan dan perdagangan.

“Kerjasama di bidang pendidikan antar Universitas akan kita lakukan, setelah itu membangun kerjasama Sister City di bidang budaya, dilanjutkan dengan kerjasama perdagangan dan perekonomian. ” ujar Mahyeldi.

Mulailah menjalin kerjasama di bidang pendidikan, dengan melakukan pertukaran mahasiswa atau mengirimkan mahasiswa Unand untuk melanjutkan pendidikan di Finladia ujar Mahyeldi menyarankan kepada Wakil Rektor IV Unand Prof Helmi yang hadir pada kesempatan tersebut. [*]