Juara Kelas SMK I Enam Lingkung Terima Reward Buku dari Penulis

Foto: Armaidi Tanjung menyerahkan buku kepada Kepala SMKN 1 Enam Lingkung Dra. Nursida Kasim, Jumat lalu di  halaman sekolah

 serahkanbuku

Pakandangan,PN

Sebanyak 16 orang siswa SMKN 1 VI Lingkungan Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat yang meraih juara I di kelas masing-masing menerima reward buku dari penulis buku Armaidi Tanjung. Selain itu, juga diserahkan sumbangan buku untuk perpustakaan SMKN yang diterima Kepala SMK 1 VI Lingkungan Dra. Nursida Kasim.

Penyerahan buku berlangsung usai upacara bendera, Senin (2/12/2013) di halaman SMK. Menurut Kepala sekolah, reward buku bagi juara kelas ini sangat berarti dalam memotivasi peningkatan belajar siswa. “Apalagi reward ini diberikan secara spontan langsung dari penulis bukunya,” kata Nursida.

Sebelumnya, Inspektur Upacara Kapolres Padangpariaman AKBP Tofik Ismail mengingatkan agar siswa SMK 1 ini jangan mencoba perilaku negatif. Jika sudah mencoba, mulai terbiasa nantinya kecanduan. Seperti merokok, jika sudah terbiasa, terasa hambar, lalu mulai menghisap shabu, ganja hingga narkoba.

Dibagian lain Kepala SMK 1 Enam Lingkungan Nursida menambahkan, sumbangan buku untuk perpustakaan sekolah tentu sangat bermanfaat bagi siswa lainnya yang tidak mendapatkan reward buku. Saat ini ruangan khusus perpustakaan sedang dalam pembangunan. Mudah-mudahan segera siap dan dapat dipergunakan siswa dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Penulis Armaidi Tanjung yang memberikan reward buku mengatakan, reward ini sebenarnya diberikan kepada siswa yang paling sering mengunjungi perpustakaan sekolah. Namun karena perpustakaan sekolah belum maksimal difungsikan karena dalam tahap pembangunan, maka diberikan kepada yang juara I di kelasnya masing-masing. “Umumnya yang juara itu adalah siswa yang rajin belajar, termasuk banyak membaca,” kata Armaidi menambahkan.

“Dengan reward buku ini, diharapkan siswa tersebut lebih termotivasi lagi meningkatkan semangat belajarnya. Khusus untuk siswa,  buku yang diberikan kumpulan tulisan dan pengalaman menulis selama 20 tahun lebih. Mudah-mudahan siswa tersebut juga termotivasi untuk bisa menulis di media massa,” kata Armaidi.

Menurut Armaidi,  sumbangan untuk perpustakaan sebanyak 24 buah buku terdiri dari buku karya sendiri, kamus, maupun karya orang lain. Satu diantaranya, buku Sejarah Perjuangan Rakyat Padangpariaman Dalam Perang Kemerdekaan 1945-1950. “Saya yakin tidak banyak pelajar Padangpariaman yang mengetahui lebih rinci sejarah perjuangan rakyat Padangpariaman pada perang Kemerdekaan tahun 1945-1950. Jika sudah ada di perpustakaan sekolah ini, siswa nantinya bisa membaca untuk mengetahui lebih lanjut,” tutur Armaidi.

Reward buku ini, kata Armaidi,  juga dimaksudkan untuk mendorong siswa meningkatkan minat baca. Saat ini minat baca di kalangan pelajar masih rendah. Terutama derasnya pengaruh media elektronik dan internet yang menghabiskan waktu pelajar. Makin sulit mencari siswa yang memiliki minat baca tinggi. Padahal dengan membaca seseorang akan mendapatkan berbagai manfaat. Tidak saja pengetahuan bertambah, tapi juga merangsang imajinasi dan mendidik mental seseorang dalam berperilaku baik.  (zaitun)