Menteri Agama Suryadharma Ali kunjungi Padang Pariaman

Ket foto :
Menag Suryadharma Ali didampingi wagub muslim kasim dan bupati ali mukhji membahas proposal rencana pembangunan asrama haji yang baru di padang pariaman,  di ruang tunggu BIM, sabtu lalu.

 

Menag Suryadharma Ali didampingi wagub muslim kasim dan bupati ali mukhni

Padang Pariaman,IN..

Kunjungan kerja Menteri Agama Suryadharma Ali Ke Sumatera Barat, sabtu lalu, 1 Desember 2013, membawa berkah bagi masyarakat sumbar, khususnya Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut, menteri agama suryadharma ali menyatakan mendukung pembangunan asrama haji di nagari sungai buluh kec. Batang anai, kab. Padang pariaman.
Asrama haji yang diperkirakan menelan dana 530 milyar menjadi salah satu asrama haji yang termegah di Indonesia yang berjarak hanya 2 km dari Bandara Internasional Minangkabau. Dalam  rancangannya asrama haji dengan luas lahan 10 hektar
tersebut memiliki fasilitas hotel, ruang pertemuan, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan asih banyak yang lainnya.
Suryadharma Ali menjelaskan bahwa kementerian Agama bersama kementerian keuangan dan Bappenas melakukan pembahasan intensif tentang pembangunan asrama haji tersebut. Adapun hal yang menjadi kajian adalah prioritas pembangunan asrama haji dan kemungkinan adanya sharing anggaran dari APBD Propinsi dan kabupaten.
“Insya allah sekarang sedang dibahas secara intensif. Kita priotitaskan pembangunan asrama haji yang baru ini. Doakan lancar dan sesuai dengan harapan masyarakat sumbar dan segera kita lakukan peletakan batu pertamanya ” ujar suryadharma ali di ruang tunggu VIP BIM.
Wakil gubernur sumbar Muslim Kasim yang turut mendampingi menag menyampaikan bahwa pemerintah propinsi sumbar juga akan mendukung pendanaan pembangunan asrama haji yang baru di padang pariaman. “Pemprov sangat mendukung pembangunan asrama haji yang baru. Nanti juga anggarkan pada APBD propinsi” kata Mualim Kasim.
Sementara itu Kakanwil Kemenag Sumbar Syahrul Wirda mengatakan pembangunan asrama haji yang baru nanti diharapkan bisa menampung jamaah haji dari 3 propinsi yaitu sumbar, bengkulu dan jambi yang telah disepakati oleh ketiga gubernur tersebut. Ia juga berharap dengan adanya pembangunan asrama haji yang di padang pariaman, tapi tidak menghilangkan keberadaan asrama haji yang lama. “Kita mendukung adanya pembangunan asrama haji yang baru. Dan kita berharap asrama haji yang sekarang untuk direnovasi” kata syahrul wirda.
H. Boy Lestari Dt Palindih yang hadir saat itu juga berharap kementrian agama agar dapat segera merealisasikan pembangunan asrama haji. “Asrama haji ini natinya akan lebih representatif sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat sumbar” kata boy lestari.
Bupati padang pariaman Ali Mukhni yang hadir saat itu berucap syukur atas dukungan menteri agama, gubernur dan wakil gubernur atas pembangunan asrama haji yang baru di wilayah padang pariaman. “Alhamdulillah, pak menteri sangat mendukung pembangunan asrama haji. Mohon doa dan dukungan agar segera diletakan batu pertamanya” kata Ali Mukhni yang didampingi Kabag humas Hendra Aswara.
Bupati Ali Mukhni menjelaskan pembangunan asrama haji yang baru ini telah direncanakan sudah sejak lama. Bahkan sejak beliau masih menjadi wakil bupati periode 2005-2010. Lokasi asrama haji tersebut telah ditinjau oleh menteri agama suryadharma ali dan menkokesra agung laksono beberapa waktu yang lalu. Berkat kerja keras, perjuangan yang tak kenal lelah dan doa seluruh stakeholders serta dukungan perantau piaman, maka pembangunan asrama haji bisa segera terealisasi.
“Saat ini kita sudah membuka jalan untuk akses masuk asrama haji selebar 40 meter” kata Ali Mukhni
Dibawah kepemimpinan bupati ali mukhni begitu banyak mega proyek nasional yang berada di kab. Padang pariaman. Pembangunan Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu pelayaran dengan dana 1,3 trilyun di tiram. Setelah itu Pelabuhan tiram  dan beberapa minggu yang lalu telah dimulai pembangunan MAN insan cendikia di kec. sintoga yang menelan dana ratusan milyar.
“Butuh kerja keras dan kesungguhan membangun padang pariaman. Dan yang paling utama adalah dukungan seluruh lapisan masyarakat” kata Ali Mukhni. (zaitun)